Animasi 3D, fungsi tools pada blender, dan cara pembuatan karakter 3D di Blender
Animasi 3D (3 dimensi) adalah sebuah pengembangan dari animasi 2D yang mana pada animasi 2D memiliki unsur garis (bentuk) sedangkan pada animasi 3D memiliki unsur bentuk, ruang, dan volume
Aplikasi pengolah animasi 3D
-Blender
- 3D max
Fungsi tools pada aplikasi blender
S untuk ukuran (besar-kecil)
B untuk menyeleksi
ctrl+R untuk menambah garis
X untuk mengapus
G untuk menggeser
1 untuk front (depan)
3 untuk side
R untuk rotasi
Z untuk merubah wireframe menjadi solid
E untuk Extrude
Cara pembuatan karakter animasi 3D pada aplikasi Blender
1. Buka aplikasi blender
2. import atau masukan gambar karakter animasi 2D yang telah dibuat
3. tekan angka 1 pada keyboard agar tampilan front atau dilihat dari depan
4. tambahkan kubus atau yang lainnya dengan cara klik Add>>mesh kemudian pilih apa yang ingin ditambahkan
5. ubah ke edit mode (disebelah kiri bawah)
6. Geser kubus tersebut sesuai apa yang ingin dibuat terlebih dahulu, misalnya pertama tama membuat kepala (buatlah setengah kepala terlebih dahulu)
7. Tekan S jikan ingin mengatur ukuran kubus tersebut
8. Tekan B untuk menyeleksi jika menggeser garis atau yang lainnya
9. Tekan ctrl+R untuk menambah garis pada kubus tersebut
10. jika ada kesalahan, tekan X kemudia enter untuk menghapus
11. agar tampilannya halus maka klik smoot
12. Karena yang dibuat baru sebagian ( setengah) dari kepala, jangan lupa me-mirror objek tersebut agar menjadi satu kepala yang utuh dengan cara klik icon kunci yang biasanya terletak disebelah kiri kemudian add modifier>>mirror
Aplikasi pengolah animasi 3D
-Blender
- 3D max
Fungsi tools pada aplikasi blender
S untuk ukuran (besar-kecil)
B untuk menyeleksi
ctrl+R untuk menambah garis
X untuk mengapus
G untuk menggeser
1 untuk front (depan)
3 untuk side
R untuk rotasi
Z untuk merubah wireframe menjadi solid
E untuk Extrude
Cara pembuatan karakter animasi 3D pada aplikasi Blender
1. Buka aplikasi blender
2. import atau masukan gambar karakter animasi 2D yang telah dibuat
3. tekan angka 1 pada keyboard agar tampilan front atau dilihat dari depan
4. tambahkan kubus atau yang lainnya dengan cara klik Add>>mesh kemudian pilih apa yang ingin ditambahkan
5. ubah ke edit mode (disebelah kiri bawah)
6. Geser kubus tersebut sesuai apa yang ingin dibuat terlebih dahulu, misalnya pertama tama membuat kepala (buatlah setengah kepala terlebih dahulu)
7. Tekan S jikan ingin mengatur ukuran kubus tersebut
8. Tekan B untuk menyeleksi jika menggeser garis atau yang lainnya
9. Tekan ctrl+R untuk menambah garis pada kubus tersebut
10. jika ada kesalahan, tekan X kemudia enter untuk menghapus
11. agar tampilannya halus maka klik smoot
12. Karena yang dibuat baru sebagian ( setengah) dari kepala, jangan lupa me-mirror objek tersebut agar menjadi satu kepala yang utuh dengan cara klik icon kunci yang biasanya terletak disebelah kiri kemudian add modifier>>mirror
Komentar
Posting Komentar