tentang animasi 3Dimensi dan contoh soal
Animasi 3 Dimensi
adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D dan objeknya dapat dirotasi dan berpindah seperti objek rill
3 fase dasar dalam pembuatan grafis komputer 3D
1. Modeling
adalah proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan
modeling dibagi menjadi 2
a. Solid : mendefinisikan volume dari sebuah objek yang mereka tampilkan. model ini lebih realistis namun lebih sulit dibangun. model ini kebanyakan digunakan untuk simulasi nonvisual seperti medis dan teknik
b. Shell / Boundary : menggambarkan permukaan seperti batas objek bukan volumenya. model ini lebih mudah dikerjakan daripada model solid. model shell lebih banyak digunakan di dalam game dan film
2. Animation
adalah tentang mendefinisikan perpindahan objek
a. Traditional animation : proses yang digunakan untuk sebagian besar film animasi pada abad ke-20. setiap frame dari film animasi tradisional adalah foto dari gambar yang terlebih dahulu digambar dikertas. setiap gambar dibuat berbeda dengan gambar lainnya untuk menciptakan ilusi gerakan
b. Full Animation : merujuk pada proses produksi film animasi tradisional berkualitas tinggi dimana secara teratur menggunakan gambar yang detail dan gerakan yang masuk akal
c. Limited Animation : menggunakan detail yang kurang rinci atau gambar yang lebih stylist dan metode perpindahan
d. Rotoscoping : merupakan teknik dimana animator melacak gerakan live-action dan frame demi frame
e. live-action/ animation : teknik yang mengkombinasi karakter yang digambar tangan menjadi gambar live-action
3. Rendering
adalah proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer
a. Shading : Bagaimana warna dan tingkat kecerahan permukaan dipengaruhi oleh pencahayaan.
b. Texture-mapping : Metode untuk mengaplikasikan detail pada permukaan.
c. Bump-mapping : Metode simulasi bump skala kecil pada permukaan.
d. Fogging/participating medium : Bagaimana cahaya meredup ketika melewati atmosfir yang tidak bersih atau udara.
e. Shadows : Pengaruh menghalangi cahaya.
f. Soft Shadows : Variasi tingkat gelap yang disebabkan oleh terhalanginya sumber cahaya.
g. Reflection : Seperti cermin atau mengkilap.
h. Transparency (optics), transparency (graphic) atau opacity : Transmisi yang tajam dari cahaya yang melalui objek solid.
i. Transluency : Transmisi cahaya melalui objek solid yang sangat menyebar.
j. Refraction : Pembengkokan cahaya yang terkait dengan transparansi.
k. Diffraction : Pembengkokan, penyebaran dan interferensi cahaya yang melewati suatu objek.
l. Indirect illumination : Permukaan diterangi cahaya yang dipantulkan oleh permukaan lain, bukan langsung daru sumber cahaya.
m. Caustics : Bentuk pencahayaan tidak langsung, pantulan cahaya dari sebuah objek mengkilat atau memfokuskan cahaya melalui objek transparan untuk menghasilkan cahaya ke objek lain.
n. Depth of field : Objek tampil buram atau tidak focus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang objek dalam focus.
o. Motion blur : Objek yang tampil buram karena gerak kecepatan tinggi atau gerakan kamera.
p. Non-photorealistic rendering : Rendering gambar dengan gaya artistic, agar terlihat seperti lukisan atau gambar.
Animation Special Effects
1. Morphing
Morphing adalah efek khusus dalam film dan animasi yang berubah (atau morph) satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus. Paling sering digunakan untuk menggambarkan seseorang berubah menjadi lain melalui sarana teknologi atau sebagai bagian dari fantasi atau urutan nyata.
2. Warping
Warping adalah proses manipulasi gambar digital sehingga setiap bentuk digambarkan dalam gambar secara signifikan telah terdistorsi. Warping dapat digunakan untuk mengoreksi distorsi gambar serta untuk tujuan kreatif (misalnya, morphing). Teknik yang sama sama berlaku untuk video.
3. Virtual Reality
Virtual Reality adalah istilah yang berlaku untuk komputer-simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan tempat di dunia nyata, maupun di dunia khayalan. Kebanyakan lingkungan virtual reality saat ini terutama pengalaman visual, yang ditampilkan baik pada layar komputer atau melalui khusus menampilkan stereoskopik , tetapi beberapa simulasi meliputi informasi sensorik tambahan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
4. Animasi
a. Animasi teks
Menggunakan perintah HTML <blink> menyebabkan teks untuk flash on dan off.
b. Gif animasi
Menggunakan program software untuk membuat serangkaian file gif seperti GIF Builder.
c. Sutradara film
Animasi yang dimainkan dengan menggunakan Shockwave plug-in (sebuah runtime tambahan standard yang sangat powerful untuk menampilkan berbagai multimedia).
d. 3D lingkungan
Bahasa komputer yang digunakan untuk membuat gambar 3D.
Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Animasi
1. Keuntungan:
- Menarik Perhatian.
- Menampilkan aksi-aksi yang tidak terlihat atau process fisik dengan bentuk yang berbeda.
- Meningkatkan retensi. Memungkinkan visualisasi dari konsep imajinasi, objek, dan hubungan-hubungannya.
- Animasi dapat menggabungkan sejumlah besar data ilmiah ke dalam suatu paket, yang kemudian dapat disajikan dengan lebih simple.
- Animasi dapat membuat kembali kejadian, yang di dunia nyata terlalu mahal atau terlalu berbahaya untuk bereproduksi, misalnya. kecelakaan pesawat, kejadian yang sudah terjadi dan tidak lagi ada.
- Menggunakan animasi dengan flash untuk membuat situs web menjadikan situs tersebut lebih interaktif dan dinamis. Pengunjung ke situs web secara alami akan tertarik pada desain animasi dan sarana yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam proses melihat keseluruhan.
- Dengan berkembangnya tools dalam pembuatan animasi flash, sekarang ini memastikan bahwa perancang dapat membuat desain web yang rumit dan sangat baik, yang akan sulit terjadi dalam pengaturan HTML yang statis.
- Ukuran file animasi flash yang semakin kecil, yang memungkinkan loading situs lebih cepat dari sebelumnya.
2. Kelemahan:
- Memerlukan tempat penyimpanan dan memory yang besar.
- Memerlukan peralatan khusus untuk presentasi kualitas.
- Animasi 2D tidak mampu menggambarkan aktualisasi seperti video ataupun fotografi.
- Sulitnya pencarian dilakukan, karena Flash dan animasi teks sering tidak dalam format yang dapat dengan mudah dibaca oleh search engine.
- Diperlukannya plug-in khusus yang harus diinstal browser.
- Terlalu banyak animasi dan grafik juga akan membuat loading halaman web lambat.
- Situs dengan animasi flash intro yang lengkap dengan audio, kadang membuat kesal pengunjung situs yang tidak ingin dipaksa mendengar audio. Ditambah dengan adanya file audio, beban loading komputer semakin besar, yang menyebabkan loading situs semakin lambat dan tidak efisien.
Contoh Soal
1. yang tidak termasuk fase dasar dalam pembuatan grafis komputer 3D
a. modeling
b. animation
c. rendering
d. animasi path
2. mendefinisikan volume dari sebuah objek yang mereka tampilkan. model ini lebih realistis namun lebih sulit dibangun adalh pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
3. menggambarkan permukaan seperti batas objek bukan volumenya adalah pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
4. merujuk pada proses produksi film animasi tradisional berkualitas tinggi adalah pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
5. menggunakan detail yang kurang rinci atau gambar yang lebih stylist dan metode perpindahan adalah pengertian dari
c. Soft Shadows
d. reflection
12. efek khusus dalam film dan animasi yang berubah satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
13. proses manipulasi gambar digital sehingga setiap bentuk digambarkan dalam gambar secara signifikan telah terdistorsi adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
14. istilah yang berlaku untuk komputer-simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan tempat di dunia nyata, maupun di dunia khayalan adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
15. Animasi yang dimainkan dengan menggunakan Shockwave plug-in adalah pengertian dari
a. animasi teks
b. gif animasi
c. sutradara film
d. lingkungan 3D
adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D dan objeknya dapat dirotasi dan berpindah seperti objek rill
3 fase dasar dalam pembuatan grafis komputer 3D
1. Modeling
adalah proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan
modeling dibagi menjadi 2
a. Solid : mendefinisikan volume dari sebuah objek yang mereka tampilkan. model ini lebih realistis namun lebih sulit dibangun. model ini kebanyakan digunakan untuk simulasi nonvisual seperti medis dan teknik
b. Shell / Boundary : menggambarkan permukaan seperti batas objek bukan volumenya. model ini lebih mudah dikerjakan daripada model solid. model shell lebih banyak digunakan di dalam game dan film
2. Animation
adalah tentang mendefinisikan perpindahan objek
a. Traditional animation : proses yang digunakan untuk sebagian besar film animasi pada abad ke-20. setiap frame dari film animasi tradisional adalah foto dari gambar yang terlebih dahulu digambar dikertas. setiap gambar dibuat berbeda dengan gambar lainnya untuk menciptakan ilusi gerakan
b. Full Animation : merujuk pada proses produksi film animasi tradisional berkualitas tinggi dimana secara teratur menggunakan gambar yang detail dan gerakan yang masuk akal
c. Limited Animation : menggunakan detail yang kurang rinci atau gambar yang lebih stylist dan metode perpindahan
d. Rotoscoping : merupakan teknik dimana animator melacak gerakan live-action dan frame demi frame
e. live-action/ animation : teknik yang mengkombinasi karakter yang digambar tangan menjadi gambar live-action
3. Rendering
adalah proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer
a. Shading : Bagaimana warna dan tingkat kecerahan permukaan dipengaruhi oleh pencahayaan.
b. Texture-mapping : Metode untuk mengaplikasikan detail pada permukaan.
c. Bump-mapping : Metode simulasi bump skala kecil pada permukaan.
d. Fogging/participating medium : Bagaimana cahaya meredup ketika melewati atmosfir yang tidak bersih atau udara.
e. Shadows : Pengaruh menghalangi cahaya.
f. Soft Shadows : Variasi tingkat gelap yang disebabkan oleh terhalanginya sumber cahaya.
g. Reflection : Seperti cermin atau mengkilap.
h. Transparency (optics), transparency (graphic) atau opacity : Transmisi yang tajam dari cahaya yang melalui objek solid.
i. Transluency : Transmisi cahaya melalui objek solid yang sangat menyebar.
j. Refraction : Pembengkokan cahaya yang terkait dengan transparansi.
k. Diffraction : Pembengkokan, penyebaran dan interferensi cahaya yang melewati suatu objek.
l. Indirect illumination : Permukaan diterangi cahaya yang dipantulkan oleh permukaan lain, bukan langsung daru sumber cahaya.
m. Caustics : Bentuk pencahayaan tidak langsung, pantulan cahaya dari sebuah objek mengkilat atau memfokuskan cahaya melalui objek transparan untuk menghasilkan cahaya ke objek lain.
n. Depth of field : Objek tampil buram atau tidak focus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang objek dalam focus.
o. Motion blur : Objek yang tampil buram karena gerak kecepatan tinggi atau gerakan kamera.
p. Non-photorealistic rendering : Rendering gambar dengan gaya artistic, agar terlihat seperti lukisan atau gambar.
Animation Special Effects
1. Morphing
Morphing adalah efek khusus dalam film dan animasi yang berubah (atau morph) satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus. Paling sering digunakan untuk menggambarkan seseorang berubah menjadi lain melalui sarana teknologi atau sebagai bagian dari fantasi atau urutan nyata.
2. Warping
Warping adalah proses manipulasi gambar digital sehingga setiap bentuk digambarkan dalam gambar secara signifikan telah terdistorsi. Warping dapat digunakan untuk mengoreksi distorsi gambar serta untuk tujuan kreatif (misalnya, morphing). Teknik yang sama sama berlaku untuk video.
3. Virtual Reality
Virtual Reality adalah istilah yang berlaku untuk komputer-simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan tempat di dunia nyata, maupun di dunia khayalan. Kebanyakan lingkungan virtual reality saat ini terutama pengalaman visual, yang ditampilkan baik pada layar komputer atau melalui khusus menampilkan stereoskopik , tetapi beberapa simulasi meliputi informasi sensorik tambahan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
4. Animasi
a. Animasi teks
Menggunakan perintah HTML <blink> menyebabkan teks untuk flash on dan off.
b. Gif animasi
Menggunakan program software untuk membuat serangkaian file gif seperti GIF Builder.
c. Sutradara film
Animasi yang dimainkan dengan menggunakan Shockwave plug-in (sebuah runtime tambahan standard yang sangat powerful untuk menampilkan berbagai multimedia).
d. 3D lingkungan
Bahasa komputer yang digunakan untuk membuat gambar 3D.
Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Animasi
1. Keuntungan:
- Menarik Perhatian.
- Menampilkan aksi-aksi yang tidak terlihat atau process fisik dengan bentuk yang berbeda.
- Meningkatkan retensi. Memungkinkan visualisasi dari konsep imajinasi, objek, dan hubungan-hubungannya.
- Animasi dapat menggabungkan sejumlah besar data ilmiah ke dalam suatu paket, yang kemudian dapat disajikan dengan lebih simple.
- Animasi dapat membuat kembali kejadian, yang di dunia nyata terlalu mahal atau terlalu berbahaya untuk bereproduksi, misalnya. kecelakaan pesawat, kejadian yang sudah terjadi dan tidak lagi ada.
- Menggunakan animasi dengan flash untuk membuat situs web menjadikan situs tersebut lebih interaktif dan dinamis. Pengunjung ke situs web secara alami akan tertarik pada desain animasi dan sarana yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam proses melihat keseluruhan.
- Dengan berkembangnya tools dalam pembuatan animasi flash, sekarang ini memastikan bahwa perancang dapat membuat desain web yang rumit dan sangat baik, yang akan sulit terjadi dalam pengaturan HTML yang statis.
- Ukuran file animasi flash yang semakin kecil, yang memungkinkan loading situs lebih cepat dari sebelumnya.
2. Kelemahan:
- Memerlukan tempat penyimpanan dan memory yang besar.
- Memerlukan peralatan khusus untuk presentasi kualitas.
- Animasi 2D tidak mampu menggambarkan aktualisasi seperti video ataupun fotografi.
- Sulitnya pencarian dilakukan, karena Flash dan animasi teks sering tidak dalam format yang dapat dengan mudah dibaca oleh search engine.
- Diperlukannya plug-in khusus yang harus diinstal browser.
- Terlalu banyak animasi dan grafik juga akan membuat loading halaman web lambat.
- Situs dengan animasi flash intro yang lengkap dengan audio, kadang membuat kesal pengunjung situs yang tidak ingin dipaksa mendengar audio. Ditambah dengan adanya file audio, beban loading komputer semakin besar, yang menyebabkan loading situs semakin lambat dan tidak efisien.
Contoh Soal
1. yang tidak termasuk fase dasar dalam pembuatan grafis komputer 3D
a. modeling
b. animation
c. rendering
d. animasi path
2. mendefinisikan volume dari sebuah objek yang mereka tampilkan. model ini lebih realistis namun lebih sulit dibangun adalh pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
3. menggambarkan permukaan seperti batas objek bukan volumenya adalah pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
4. merujuk pada proses produksi film animasi tradisional berkualitas tinggi adalah pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
5. menggunakan detail yang kurang rinci atau gambar yang lebih stylist dan metode perpindahan adalah pengertian dari
a. solid
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
6. merupakan teknik dimana animator melacak gerakan live-action dan frame demi frame adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
7. teknik yang mengkombinasi karakter yang digambar tangan menjadi gambar live-action adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
8. Bagaimana warna dan tingkat kecerahan permukaan dipengaruhi oleh pencahayaan adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
9. Metode untuk mengaplikasikan detail pada permukaan adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
10. Metode simulasi bump skala kecil pada permukaan adalah pengertian dari
a. Fogging/participating medium
b. shadows
c. Soft Shadows
d. reflection
b. shell / boundary
c. full animation
d. limited animation
6. merupakan teknik dimana animator melacak gerakan live-action dan frame demi frame adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
7. teknik yang mengkombinasi karakter yang digambar tangan menjadi gambar live-action adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
8. Bagaimana warna dan tingkat kecerahan permukaan dipengaruhi oleh pencahayaan adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
9. Metode untuk mengaplikasikan detail pada permukaan adalah pengertian dari
a. rotoscoping
b. live-action/animation
c. shadding
d. texture mapping
10. Metode simulasi bump skala kecil pada permukaan adalah pengertian dari
a. Fogging/participating medium
b. shadows
c. Soft Shadows
d. reflection
11. Variasi tingkat gelap yang disebabkan oleh terhalanginya sumber cahaya adalah pengertian dari
a. Fogging/participating medium
b. shadowsc. Soft Shadows
d. reflection
12. efek khusus dalam film dan animasi yang berubah satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
13. proses manipulasi gambar digital sehingga setiap bentuk digambarkan dalam gambar secara signifikan telah terdistorsi adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
14. istilah yang berlaku untuk komputer-simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan tempat di dunia nyata, maupun di dunia khayalan adalah pengertian dari
a. morphing
b. warphing
c. virtual reallity
d. animation
15. Animasi yang dimainkan dengan menggunakan Shockwave plug-in adalah pengertian dari
a. animasi teks
b. gif animasi
c. sutradara film
d. lingkungan 3D
Komentar
Posting Komentar